GreenCitarum Foundation

Kegiatan

Kegiatan kami meliputi:

  • Pengelolaan dan pengembangan air minum pedesaan
  • Pendidikan pembuatan kerajinan dari bahan guna dan daur ulang
  • Pendidikan dan praktek pengelolaan sampah di Sekolah dan lingkungan masyarakat
  • Usaha Pencegahan Erosi pada perubahan peruntukan lahan di pinggiran kota
  • Pengembangan gagasan peningkatan sanitasi di daerah kumuh perkotaan, penertiban bangunan di bantaran sungai kota, dan penataan kembali fasilitas umum seperti brangang dan taman kota
  • Konsultasi lingkungan (Dokter Lingkungan)

 

Kegiatan ini kami tawarkan sekaligus

mengajak anda untuk

ikut berpartisipasi di dalamnya.

  


Memberi masukan pada pengelolaan sarana air bersih pedesaan berbasis masyarakat. Semangat masyarakat tanpa dibarengi dengan pengetahuan teknis pengembangan penyediaan air minum akan mengakibatkan penurunan pelayanan air bersih pada masyarakat.
 
Pendidikan kerajinan berupa tas dan dompet dari bungkus plastik seperti bungkus kopi, minyak goreng. Kegiatan ini melibatkan ibu-ibu dan anak-anak juga ada bapaknya.
Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) merupakan mata ajaran wajib di sekolah dasar. PLH dilakukan dengan praktek pembuatan kompos dan Pupuk Cair Organik (PCO) di halaman sekolah. Disamping itu peternakan kelinci juga diadakan untuk menambah daya tarik.

Usaha pencegahan erosi dilakukan di sungai di pinggiran kota Bandung. Erosi pada sungai di dekat kota terjadi dan meningkat karena adanya perubahan tata guna lahan secara mendadak dan tidak adanya usaha pencegahan.
 
Sanitasi di daerah kumuh kota, merupakan masalah yang sulit dipecahkan. Ketiadaan lahan merupakan kendala utama. Selanjutnya, pengolahan limbah rumah tangga mengalami kendala juga karena tidak adanya lahan umum. Masalah sanitasi daerah kumuh kota masih sangat sulit.
 
Konsultasi lingkungan (Dokter Lingkungan) diberikan oleh Pakar di tempat umum seperti Mall, atau pada acara pameran tertentu. Masalah yang dikonsultasikan antara lain: rumah tinggal sehat meliputi penyediaan air bersih dari sumur atau sumber, perpipaan, kamar mandi, kakus, dapur, pengolahan air kotor, pencahayaan, ventilasi udara, rumah bebas kecoa dan tikus, saluran air hujan, saluran air kotor, persampahan, pencemaran sungai dan danau, erosi, pencemaran udara dan konservasi lingkungan.
 


Comments